Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan jaminan kesejahteraan dan kehidupan sosial bagi warga lanjut usia (lansia) di daerah itu.

"Pemerintah daerah memiliki komitmen yang kuat dalam memperhatikan hajat hidup para lanjut usia melalui berbagai program pemberdayaan para lanjut usia," kata Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan pemerintah daerah sejak 2014 sudah membentuk Komisi Daerah Lanjut Usia yang khusus menangani dan memperhatikan hajat hidup para lanjut usia.

"Sejak 2014 juga kami tetap konsisten menyalurkan bantuan beras sejahtera daerah (ranstrada) khusus untuk para lanjut usia," ujarnya.

Selain itu, kata dia, ada jaminan kesehatan bagi para lanjut usia melalui BPJS Kesehatan yang preminya ditanggung pemerintah daerah melalui APBD.

"Masih banyak lagi program kepedulian terhadap lanjut usia, seperti bantuan sembilan bahan pokok dan bimbingan psikologis bagi mereka," ujarnya.

Ibnu Saleh mengatakan pemberdayaan terhadap para lanjut usia untuk memberikan semangat hidup, terutama bagi lansia yang hidup sebatang kara.

"Kami berupaya para lanjut usia punya harapan dan semangat dalam menjalani hari tua mereka," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019