Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan pendataan tenaga kerja dan Pembinaan Hubungan Industrial ke perusahaan-perusahaan yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas DTKTKUKM Kabupaten bangka Selatan, Basu Priatna, melalui Kabid Tenaga Kerja, Hivia Sari Dewi,  di Toboali, Selasa mengatakan data ketenagakerjaan sangat berperan besar dalam perumusan, penerapan, evaluasi dan penyempurnaan kebijakan strategis program ketenagakerjaan, khususnya di Bumi 'Junjung Besaoh'.

"Kita ketahui bersama, strategi dan program ketenagakerjaan, sangat bergantung pada kualitas data yang dipergunakan. Oleh karena itu, data ketenagakerjaan harus tersedia secara lengkap, akurat dan terpercaya," kata dia.

Ia menjelaskan pihaknya dalam pendataan tenaga kerja ini melibatkan dua seksi, yakni seksi Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Tenaga Kerja serta seksi Pembinaan Hubungan Industrial dan Jamsos.

"Kita ingin pastikan data yang diperoleh benar-benar akurat dan terpercaya, untuk itu kita 'jemput bola' langsung ke perusahaan. Berapa jumlah pekerjanya? apakah sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan? bagaimana  kondisi hubungan kerjanya? Jangan sampai ada permasalahan di lapangan kita tidak tahu," katanya.

Mediator Hubungan Industrial DTKTKUKM Kabupaten Bangka Selatan, Marsandi, ST menerangkan selain pendataan tenaga kerja  juga dalam rangka pembinaan hubungan industrial. Tujuannya untuk mencegah, meredam dan mempercepat penyelesaian perselisihan hubungan industrial antara pekerja dan pengusaha.

"Pembinaan ini juga tak kalah penting dalam upaya menciptakan iklim ketenagakerjaan yang kondusif dan dinamis," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019