Pemdes Rias Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung wacanakan program tanam vanili skala kelompok tani guna memberdayakan masyarakat di daerah itu.

Kepala Desa Rias, Gani Saprin di Toboali, Kamis mengatakan tujuan dari program tersebut merupakan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

"Selain bertani padi, sawit dan sayuran, tanaman vanili merupakan tanaman yang ideal untuk di kelola, pada skala rumahan pun bisa ditanam di perkarangan dengan media pot" katanya.

Ia mengatakan juga mengatakan harga vanili siap ekspor berkisar Rp 3 juta per kilogram, dan sudah ada penampung yang siap membeli dari warga jika sudah siap petik.

"Jadi saat panen sudah ada tengkulak atau pembeli langsung yang nanti untuk di ekspor, kurang lebih Rp 3 Juta per kilogram" katanya

Menurut dia, guna merealisasikan program tersebut pihaknya saat ini sedang proses penganggaran pembibitan vanili ke Dewan Vanili Nasional (Devina) Babel.

"Sekarang masih tahap penganggaran bibit vanili, dan untuk jumlahnya sekitar ribuan batang vanili dari Devina Babel" katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019