Sungailiat (Antara Babel) - Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera membentuk pos pengamanan Lebaran untuk menjaga dan mengamankan perayaan Hari Raya Idul Fitri.

"Pos Pam Lebaran didirikan di sejumlah titik yang selama ini banyak dikunjungi masyarakat seperti pantai, pasar dan objek wisata lainnya," kata Kapolres Bangka, AKBP I Bagus Rai di Sungailiat, Kamis.

Hanya saja, menurut dia, pihaknya tetap menetapkan skala prioritas dalam mendirikan Pos Pam Lebaran di suatu tempat agar efektif dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Saya berharap Pos Pam Lebaran ini nantinya benar-benar bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak," katanya.

Dia mengatakan, pengamanan Hari Raya Idul Fitri akan dilakukan mulai Selasa (22/7) pekan depan dengan terlebih dahulu melaksanakan gelar pasukan satu hari sebelumnya.

"Semua jenis pelayanan pengamanan tidak akan berjalan maksimal jika tidak mendapat dukungan masyarakat. Untuk itu saya imbau partisipasi masyarakat agar bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan lingkungannya masing-masing," katanya.

Menurut dia, banyak bentuk partisipasi yang dapat dilakukan masyarakat seperti tidak menggunakan perhiasan mencolok di tempat umum karena dapat mengundang orang lain melakukan kejahatan.

"Saya juga minta kesediaan masyarakat agar segera melaporkan ke pihak kepolisian terdekat jika mengetahui hal-hal yang mencurigakan. Langkah itu sebagai bentuk antisipasi tindak kejahatan yang dapat terjadi kapan saja di lingkungan masyarakat," kata Kapolres.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kata dia, Pos Pam Lebaran didirikan selama beberapa hari sebelum dan sesudah perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014