Koba (Antara Babel) - Perpustakaan Desa Air Mesu, Kabupaten Bangka Tengah, mewakili Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengikuti lomba perpustakaan desa terbaik tingkat nasional.    
    
"Perpustakaan Atap Langit Desa Air Mesu berhasil keluar sebagai pemenang dalam lomba perpustakaan desa tingkat provinsi dan berhak mewakili Babel ke tingkat nasional," kata Ketua Perpustakaan Atap Langit Desa Air Mesu, Poni Auri di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, lomba perpustakaan desa terbaik tingkat nasional digelar 20 Juli hingga 15 Agustus 2014 dan pihaknya sudah siap bersaing di tingkat nasional.

"Tim juri dari Jakarta akan turun langsung ke Bangka Tengah untuk melihat secara dekat kegiatan dan kondisi perpustakaan Atap Langit di Desa Air Mesu," ujarnya.

Ia menjelaskan, perpustakaan Atap Langit Desa Air Mesu berhasil menjadi perpustakaan desa terbaik se-Provinsi Bangka Belitung setelah menyisihkan ratusan perpustakaan desa lainnya yang tersebar di seluruh kabupaten.

"Kami membutuhkan waktu cukup lama untuk menjadi yang terbaik, banyak yang mesti kami persiapkan. Mulai dari gedung perpustakaan, koleksi buku, peminat baca dan sistem pengelolaan manajemennya," ujarnya.

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang dipersiapkan untuk bersaing di tingkat nasional yaitu ruang koleksi, berkas jumlah buku, luas tanah dan bangunan, perabot seperti lemari, alat tulis kantor, rak majalah, meja katalog, dan meja sirkulasi.

"Semua yang dibutuhkan sudah kami siapkan dan dikirim ke Jakarta, sekarang tinggal menunggu kunjungan tim juri ke Bangka Belitung," ujarnya.

Ia menjelaskan, prestasi Perpustakaan Atap Langit Desa Air Mesu Timur terdiri dari pada 2013 juara 1 mendongeng dalam Hari Kartini, juara 1 mendongeng dalam rangka jambore 1 Himpaudi di Kabupaten Bangka Tengah.

Selanjutnya pada 2014 juara 1 lomba mendongeng pada lomba Perhimpunan Anak Soleh (Pasi) 9 LPPTKA BKPRMI, juara 1 lomba mendongeng Pasi 9 tingkat provinsi, peserta lomba mendongeng Pasi 9 LPPTKA BKPRMI tingkat Nasional di Bandung.

Juara 1 lomba perpustakaan desa terbaik tingkat kabupaten, juara 1 lomba perpustakaan desa terbaik tingkat Provinsi Babel dan  mewakili Provinsi Babel mengikuti kegiatan lomba perpustakaan desa terbaik tingkat nasional.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014