Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan memprioritaskan tujuh program pembangunan yang telah disusun pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018 hingga 2023.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), mengatakan tujuh program yang diprioritaskan tersebut yaitu peningkatan pembangunan infrastruktur publik, optimalisasi penataan ruang wilayah, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan pemanfaatan sumber daya daerah.

"Selanjutnya, perbaikan tata kelola pemerintahan dalam percepatan reformasi birokrasi pengembangan dan penguatan potensi ekonomi sektor sektor unggulan, peningkatan kualitas berikan kesehatan dan pengaruh utamakan gender, peningkatan daya saing dan prestasi dan seni budaya daerah, serta optimalisasi penanggungan dan mitigasi bencana, serta pemantauan stabilitas keamanan," katanya.

Ia mengatakan, dalam perjalanan kepemimpinannya semenjak dilantik dari 2018 hingga hari ini telah mendapatkan beberapa penghargaan diantaranya, penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari  BPK RI, predikat Kota Layak Anak dan beberapa penghargaan individu lainnya.

Menurutnya sangat penting memberikan konsentrasi bersama yang terintegrasi, serta bersinergi antara legislatif, eksekutif dan yudikatif terhadap masalah jangka panjang, yang harus diantisipasi bersama terkait masalah pengelolaan sampah, parkir, pasar dan khususnya masalah banjir.

"Kota pangkalpinang ini tingginya hanya enam meter dari permukaan laut. Sedikit saja air laut naik ditambah curah air hujan tinggi, maka akan terjadi banjir. Hal ini harus kita waspadai serta antisipasi secepatnya," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Pangkalpinang siap memajukan kota itu jauh lebih maju lagi dengan bersinergi bersama legislatif, eksekutif dan yudikatif melalui perencanaan yang matang dan penganggaran yang bagus yang merupakan hal fundamental.

"Ayo kita amalkan sila ke 3 dari Pancasila, hindarkan permasalahan suku, etnis dan golongan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kurangi kompetisi, perbanyak kolaborasi, karena kita NKRI," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019