Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan segera membentuk beberapa dinas baru agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih efektif.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), Jumat, mengatakan pembentukan OPD baru tersebut merupakan pemekaran dari beberapa dinas yang ada di pemerintahan kota itu.

"Salah satunya kita lakukan pemekaran di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dimana Dinas Pariwisata dan Dinas Pemuda dan Olahraga akan berdiri sendiri-sendiri. Sudah kami proses sampai ke Jakarta dan sudah mendapat persetujuan dari Kemendagri," katanya.

Dikatakannya, untuk pemekaran yang dilakukan di Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga tersebut merupakan bentuk penyesuaian sesuai kebutuhan, dimana Dinas Pemuda dan Olahraga mendapatkan tipe C yang terdiri dari satu kepala dinas eselon dua, satu sekretaris dan dua kepala bidang.

"Selain Disparpora, yang kami usulkan antara lain BKKBN, Pemadam Kebakaran, Pertanian dan Perikanan," ujarnya.

Ia mengatakan, terkait rencana tersebut Pemerintah Kota Pangkalpinang akan menyediakan gedung untuk menjadi tempat kerja bagi beberapa dinas yang dilakukan pemekaran.

"Sementara ini kita akan gunakan gedung-gedung yang ada, sambil kita rencanakan pembangunan gedung yang diperuntukkan bagi dinas tersebut," katanya.

Setelah proses pengajuan dari pemerintah pusat dan Kemendagri selesai, selanjutnya akan di lakukannya proses usulan ke pihak legislatif.

"Apabila semua proses tersebut selesai, Insya Allah tahun ini kita realisasikan hal tersebut," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019