Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk tujuh fraksi untuk mendukung kelancaran tugas lembaga legislatif tersebut.

"Saat ini tujuh fraksi sudah terbentuk. Ada fraksi yang terdiri dari partai politik sendiri dan fraksi gabungan partai politik," kata Ketua Sementara DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, fraksi yang telah terbentuk saat ini adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi PPP, Fraksi Nasdem, Fraksi Hanura, Fraksi Bangsa Sejahtera (PKB-PKS), dan Fraksi Granad (Gerakan Amanat Demokrat).

"Untuk membentuk fraksi minimal harus terdiri tiga orang anggota dan pembentukan fraksi gabungan minimal harus dua parpol," ujarnya.

Selain membentuk fraksi, kata dia, DPRD Belitung saat ini sedang menyusun alat kelengkapan dewan lainnya seperti komisi, banggar, baleg, dan dewan kehormatan serta penyusunan tata tertib DPRD Kabupaten Belitung.

"Kami targetkan ini rampung secepatnya sehingga proses ke pimpinan definitif cepat selesai dan kami bisa bekerja secara maksimal," ujarnya.

Ia mengatakan penyusunan tata tertib DPRD Kabupaten Belitung tersebut ditargetkan selesai dalam minggu ini.

"Kemudian akan dilakukan paripurna untuk mengumkan ketua komisi, fraksi dan pengambilan sumpah pimpinan definitif," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019