Sebanyak 31 Rumah Sakit Jiwa se-Indonesia akan mengikuti Pekan Olahraga dan Kesenian Rehabiltan Mental (Porkesremen) dan Jambore kesehatan Jiwa VII di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 2 hingga 5 Oktober 2019, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa se-Dunia.

"Kegiatan ini nantinya akan dibuka langsung Menteri Kesehatan di UPTD Rumah Sakit Jiwa Daerah Dinas Kesehatan Pemprov Kepulauan Babel," kata Direktur Utama RSJ Provinsi Kepulauan Babel Andri Nurtito di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan Porkesremen dan Jambore Kesehatan Jiwa ini, sebagai upaya mempromosikan kesehatan jiwa, sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan jiwa.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi stigma masyarakat tentang kesehatan jiwa dan orang dengan gangguan jiwa," ujarnya.

Menurut dia, Porkesremen dan Jambore Kesehatan Jiwa tahun ini akan diikuti oleh rehabilitan mental dan pendamping dari rumah sakit jiwa dan rumah sakit ketergantungan obat seluruh Indonesia, serta panti-panti rehabilitasi sosial yang menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

"Diharapkan 31 RSJ dari berbagai daerah akan hadir ke Babel untuk mengikuti kegiatan tersebut. Selaku tuan rumah RSJ Babel akan menurunkan 50 peserta dengan target juara umum," katanya.

Ia menambahkan Porkesremen dan Jambore Nasional Kesehatan Jiwa VII akan diisi dengan pertandingan olahraga, yakni catur, bulu tangkis putra dan putri, futsal, bola volli putra dan putri serta tenis meja. Juga ada lomba kerohanian khusus rehabilitan, yaitu lomba adzan, ceramah agama Islam, ceramah agama Nasrani, dan Tilawah Alquran.

Selain itu, juga ada kegiatan pengembangan bakat rehabilitan (rehabilitan idol dan dance cuci tangan) akan menjadi kegiatan yang menarik, karena peserta akan menampilkan bakat olah vokal dan menari yang akan di tampilkan oleh rehabilitan Porkeremen.

"Selama kegiatan ini, kita menggelar pameran hasil karya rehabilitan, bazar, dan pentas seni budaya daerah," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel Mulyono mendukung penuh kegiatan Porkesremen Jambore Keswa VII Uptd RSJD Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di harapkan mempersiapkan kegiatan tersebut agar dapat berjalan lancar sesuai yang di harapkan.

"Dengan digelarnya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri rehabilitan dalam berkarya dan berkontribusi di masyarakat serta meningkatkan produk dalam mengurangi ketergantungan terhadap orang lain," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019