Kepala Kepolisian Resort Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Ferdinand Suwarji mengatakan pancasila masih menjadi faktor penting untuk memperkokoh berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pancasila itu dirumuskan untuk memperkokoh berdirinya Negara Republik Indonesia, selain itu dengan adanya Pancasila sebagai landasan negara,  bangsa Indonesia tentunya dapat menjalankan hidup yang lebih baik mengingat sebelum pancasila dirumuskan banyak sekali rakyat Indonesia yang susah," Kata dia usai melaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan dalam momentum hari kesaktian pancasila ini, selaku generasi penerus bangsa, terkhusus sebagai anggota Polri, seluruh personel Polres Bangka Selatan harus memahami lagi dan mengaplikasikan nilai-nilai pancasila saat menjalankan tugas.

"Sebagai Anggota Polri saya harap setiap personel Polres Bangka Selatan dapat memahami nilai nilai yang terkandung dalam pancasila sehingga bisa diaplikasikan dalam tugas agar kondusifitas keamanan daerah selalu terjaga," katanya.

Tidak hanya itu, Kapolres juga meminta seluruh personel Polres dan Polsek jajaran dapat bekerja maksimal dalam memberantas radikalisme dan melayani masyarakat serta menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder dalam berbagai kegiatan guna menegakkan hukum yang berkeadilan.

Menurut dia, Pancasila tidak hanya menjadi pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara, namun pancasila juga dijadikan sebagai pedoman dalam mengatur masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang damai dan sejahtera.

"Mari dengan semangat pancasila kita sama sama jaga kedamaian Bumi Junjong Besaoh ini agar tetap kondusif dengan cara selektif dan tidak mudah terprovokasi oleh isu yang belum tentu benar dan bertujuan untuk memecah belah masyarakat," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019