Koba (Antara Babel) - Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, Adet Mastur mengemukakan anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 9 April 2014 diperkirakan mulai efektif menjalankan tugas sebagai wakil rakyat pada Januari 2015.

"Kemungkinan baru bisa efektif bekerja awal 2015, karena pada 2014 ada beberapa agenda yang harus dilalui," katanya di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, tugas pertama anggota DPRD setelah dilantik pada September 2014 nanti yaitu menyusun tata tertib dan alat kelengkapan dewan.

"Tata tertib dan alat kelengkapan dewan seperti pemilihan ketua, wakil ketua dan komisi-komisi kemungkinan baru bisa dirampungkan pada Oktober 2014," ujarnya.

Dengan catatan pembahasan anggaran 2014 segera dituntaskan, namun jika molor maka anggota DPRD yang baru belum bisa bekerja secara efektif.

"Makanya sekarang ini kami sedang mengejar semua kegiatan, termasuk pembahasan anggaran karena September anggota DPRD yang baru akan dilantik," katanya.

Ia juga menyatakan, kemungkinan anggota DPRD terpilih belum bisa menggelar kegiatan kunjungan kerja atau reses pada 2014 karena sibuk membahas internal.

"Sepanjang alat kelengkapan dewan dan tata tertib dewan belum dirampungkan, maka anggota DPRD terpilih belum bisa mengadakan reses," ujarnya.

Ia mengatakan, tercatat sebanyak 12 orang anggota DPRD terpilih adalah wajah lama dan 13 orang pendatang baru.

"Saya merasakan selama menjadi Ketua DPRD kekompakan terjalin dengan baik. Saya berharap itu juga terjadi pada anggota DPRD terpilih agar suasana kerja lebih kondusif," katanya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014