Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk forum kabupaten sehat (FKS) yang akan menjalankan peran dalam mengampanyekan pola hidup sehat di masyarakat.

"Sejak dibentuknya FKS maka diminta menjalankan fungsinya sebagai forum untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan cerdas," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Belitung Timur, Bayu Priambodo di Manggar, Senin.

Ia menjelaskan, FKS juga diharapkan dapat membantu menjalankan program Belitung Timur Sehat yang sudah dicanangkan sejak 2014.

"Program tersebut belum berjalan maksimal karena belum aktifnya forum kabupaten sehat dan tim pembina kabupaten sehat," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan kabupaten sehat sepenuhnya dibiayai dan dilaksanakan oleh daerah dan masyarakatnya dengan menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat yang mengutamakan prinsip oleh dan untuk masyarakat.

"Pendekatan kegiatan kabupaten sehat melibatkan peran aktif masyarakat dalam seluruh proses penyelenggaraan pembangunan di daerah, sehingga seluruh potensi masyarakat dapat diberdayakan secara optimal dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Murni seluruh kegiatan dari masyarakat dan swasta,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bapelitbangda Kabupaten Belitung Timur, Arienda Yurisca menargetkan kabupaten tersebut jadi Kabupaten sehat dengan predikat Penghargaan Padapa.

"Dengan menuntaskan indikator dalam dua tatanan yang menjadi fokus, yaitu tatanan pemukiman, sarana, dan prasarana sehat, serta tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019