Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengawasan perairan di daerah itu terkait dugaan adanya aktivitas kapal nelayan menggunakan trawl.

"Patroli di perairan Mentok dan sekitarnya terus kami lakukan secara berkala menindaklanjuti informasi adanya dugaan aktivitas nelayan yang menggunakan alat tangkap trawl," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat, Iptu Ferry Gunadi di Mentok, Selasa.

Sejumlah lokasi yang menjadi titik pantau aktivitas penangkapan ikan ilegal tersebut dilakukan di sekitar Pelabuhan Limbung, perairan Tembelok, Karang Aji, Ambang Luar, hingga pantai Tanjung Ular.

Patroli menggunakan Kapal patroli XVIII-1701 melibatkan sejumlah personel dengan melakukan pemantauan aktivitas nelayan sekaligus pemeriksaan terhadap kapal penangkap ikan yang banyak beraktivitas di perairan tersebut.

"Dalam beberapa kali patroli, kami tidak menemukan adanya aktivitas kapal nelayan yang menggunakan trawl," katanya.

Dalam pengawasan aktivitas perairan tersebut, personel juga mendatangi sejumlah kapal nelayan untuk memeriksa kelengkapan dan surat menyurat.

"Pada kesempatan itu kami juga menyampaikan imbauan agar para nelayan tetap mengutamakan keselamatan dan berhati-hati saat bekerja karena kondisi cuaca yang tidak menentu seperti yang terjadi saat ini," katanya.

Ia mengatakan, situasi perairan di daerah itu cukup aman dan tidak ditemukan adanya pelanggaran pola penangkapan ikan. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019