Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 11.250 kilogram benih padi guna memasuki musim tanam yang diperkirakan pada awal November.

"11.250 kilogram benih padi tersebut akan ditanam pada lahan seluas 450 hektar," kata Kepala Bidang Pangan dan Hortikultura, DKPP Belitung, Tenny Meireni di Tanjung Pandan, Rabu.

Ia menjelaskan benih yang disiapkan tersebut akan dibagikan kepada para petani sehingga diharapkan dapat segera disemaikan kemudian ditanam pada musim tanam awal November ini.

"Pertengahan Oktober ini benih tersebut akan segera sampaikan dan akan dibagikan kepada para petani," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan benih padi gogo dari Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk ditanam pada lahan seluas 150 hektar.

"Padi gogo ini sangat toleran terhadap kekeringan jadi bisa ditanam di sawah atau ladang," katanya.

Menurut dia, luas lahan sawah di daerah itu pada tahun 2019 tercatat seluas 1.159 hektar, sebagian besar merupakan sawah tadah hujan dikarenakan sangat tergantung kondisi dengan curah hujan.

"Sedangkan, untuk target luas tanam padi pada tahun 2019 adalah 967 hektar dan target produksi gabah kering giling sebanyak 2.112 ton," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019