Muntok (Antara Babel) - Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, hingga Selasa siang masih cukup ramai penumpang orang dan kendaraan yang akan menyeberang ke Pelabuhan Tanjung Apiapi, Sumatera Selatan.

"Sampai siang ini kami sudah menyeberangkan dua kapal feri yang dipenuhi kendaraan roda empat pribadi, dan rencananya dalam sehari akan memberangkatkan enam kapal feri," ujar Supervisi PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian, Agus Priyono di Muntok.

Ia menjelaskan, sejak pagi kendaraan roda empat pribadi dan angkutan barang masih cukup ramai di pelabuhan ujung barat Pulau Bangka tersebut.

"Setelah menyeberangkan dua kapal feri menuju Pelabuhan Tanjung Apiapi, kendaraan roda empat yang masih menunggu untuk diseberangkan masih sekitar 60 unit, kami yakin hari ini bisa menyeberang semua," kata dia.

Menurutnya, dengan masih adanya empat unit kapal feri yang tersisa di pelabuhan itu, seluruh kendaraan yang saat ini masih tertahan di terminal tunggu Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok, bisa dilayani seluruhnya.

"Jika nanti belum bisa seluruhnya terangkut, terpaksa menunggu kapal selanjutnya esok hari," kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya tidak bisa memberikan jadwal pasti untuk penyeberangan kapal feri karena kapal akan diberangkatkan jika armada sudah penuh penumpang.

"Jadwal pasti tidak ada, kalau kapal sudah penuh segera berangkat, kami selalu berkoordinasi dengan Pelabuhan Tanjung Apiapi terkait ketersediaan kapal yang ada di sana," kata dia.

Berdasarkan informasi dari pihak manajemen Pelabuhan Tanjung Apiapi, kata dia, kendaraan yang akan menyeberang ke Muntok cukup banyak, bahkan panjang antrian sampai lima kilometer.

"Dengan kondisi seperti itu, berarti jumlah penumpang yang akan datang semakin meningkat, sementara yang berangkat masih bisa dilayani dengan kapal yang ada," kata dia.

Ia memprediksikan jumlah penumpang datang akan semakin meningkat, dan akan mencapai puncaknya pada Sabtu (2/8) dan Minggu (3/8) atau akhir masa libur lebaran.

"Kami harapkan cuaca tetap mendukung pelataran, agar semua bisa berjalan lancar," katanya.

Untuk kapal cepat, kata dia, hari ini hanya dilayani dengan dua kapal karena jumlah penumpang orang turun drastis dibandingkan dua hari sebelumnya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014