Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling (Pusling) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

"Tentu bantuan mobil perpustakaan keliling ini dapat mendorong minat baca masyarakat terutama di daerah perdesaan," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Pangkalanbaru, Rabu.

Bantuan satu unit mobil Pusling itu diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Perpusnas RI, Sri Sumekar yang diterima langsung Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh usai pembukaan Festival Bangka Tengah Berliterasi di eks Bandara Depati Amir Pangkalanbaru.

"Dengan adanya bantuan Pusling ini, maka daerah ini sudah memiliki beberapa unit mobil yang sama dan tentu saja kami harapkan fasilitas yang diberikan dapat meningkatkan minat baca masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Bangka Tengah, Budi Utama mengatakan mobil perpustakaan keliling itu dapat mengoptimalisasikan fungsi perpustakaan yang ada di daerah pedesaan.

"Saat ini sudah hampir semua desa di Bangka Tengah sudah memiliki perpustakaan dengan beragam koleksi buku, tentu keberadaan mobil ini dapat memperkuat peran perpustakaan desa," ujarnya.

Ia mengatakan, Festival Bangka Tengah Berliterasi merupakan bagian dari upaya menumbuhkembangkan semangat dan budaya membaca dan berliterasi masyarakat.

"Pesertanya dari semua kalangan, mulai dari siswa, guru dan masyarakat umum karena kami percaya ini mampu menjadi pelecut semangat mereka untuk membiasakan diri berliterasi," ujarnya. ***3***

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019