Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar berbagai lomba berbasis minat baca untuk memeriahkan peringatan Bulan Bahasa di daerah itu.

"Kami berharap sejumlah lomba yang digelar mampu meningkatkan minat baca sekaligus membiasakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar kepada para peserta," kata Kepala Bidang Layanan Kerja Sama, Pengembangan Minat Baca, dan Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat Farouk Yohansyah di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan berbagai lomba yang digelar membidik peserta dari kalangan pelajar dan mahasiswa sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam mendongkrak minat baca di daerah itu.

Kegiatan tersebut dilakukan rutin setiap tahun dan berjenjang untuk memotivasi para peserta agar semakin berprestasi di tingkat regional dan nasional.

Berbagai lomba yang digelar, antara lain lomba "story telling", lomba membaca cepat, lomba "stand up comedy", dan lomba duta baca.

"Rangkaian kegiatan itu kami gelar beberapa hari lalu sebagai pengingat masyarakat terkait keberadaan Bulan Bahasa yang diperingati setiap Oktober," katanya.

Selain sejumlah lomba tersebut, Panitia Gebyar Bangka Barat Membaca 2019 juga menampilkan pementasan seni dan hiburan untuk menarik pengunjung datang datang ke kegiatan tersebut.

"Kami berharap pola rangkaian kegiatan itu mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi generasi muda di daerah itu," katanya.

Gebyar Bangka Barat Mmbaca secara rutin digelar setiap Oktober bertepatan dengan Bulan Bahasa agar generasi muda di daerah itu menyadari, semakin mencintai dan menghormat bahasa Indonesia sebagai identitas dan pemersatu bangsa.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019