PT Jasa Raharja Kepulauan Bangka Belitung bersama Badan Keuangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepolisian serta Bank Sumsel Babel menyosialisasikan samsat online nasional, guna memberi kemudahan bagi masyarakat dalam membayar pajak kendaraan.

"Disini kami sebagai pelayan publik berupaya memberi kemudahan untuk masyarakat dalam membayar pajak kendaraan," kata Kepala Unit Operasional Jasa Raharja Kepulauan Bangka Belitung, Cynthia Evelyn J, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, sosialisasi samsat online nasional (Samolnas) adalah salah satu upaya pemerintah daerah dalam memberi kemudahan untuk masyarakat membayar pajak, dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh langsung dari playstore di smartphone masing-masing.

Masyarakat diharapkan dapat menggunakan aplikasi tersebut agar tertib membayar pajak kendaraan setiap tahun, karena uang pajak yang dibayar ini kembali ke masyarakat, melalui santunan kecelakaan yang dibayar oleh Jasa Raharja.

"Kita himbau masyarakat, Ayo gunakan aplikasi ini di smartphone. Aplikasi ini memberi kemudahan untuk kita agar  tertib membayar pajak kendaraan setiap tahun," ujarnya.

Kepala Bakuda Provinsi Kepulauan Babel, Feri Aprianto diwakili Kasi Pajak Bakuda Provinsi Kepulauan Babel, Syamsul Bahri mengatakan, Samsat Online Nasional (Samolnas) akan memudahkan wajib pajak membayar pajak kendaraan pada tahun berjalan atau tahun sebelumnya.

"Kami bekerja sama dengan Polda, PT Jasa Raharja (Persero) dan Bank Sumsel-Babel menyosialisasikan Samolnas ini," ujarnya.

Menurutnya pembayaran pajak kendaraan nontunai ini merupakan arahan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Dalam Negeri RI, guna meningkatkan pelayanan publik, memberantas korupsi dan  percaloan.

Fasilitas untuk merealisasikan Samolnas ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, sehingga masyarakat dengan mudah mengakses aplikasi pembayaran pajak nontunai ini.

"Hari ini masyarakat yang ingin membayar pajak kendaraan secara nontunai menggunakan aplikasi Samolnas sudah bisa dilayani," ujarnya.

Kegiatan sosialisasi Samolnas ini dihadiri aparatur dari kelurahan, kecamatan, komunitas otomotif, perbankan, masyarakat dan insan pers.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019