Sebanyak 11 musisi dari Bangka maupun musisi yang berpengalaman dan berskala internasional akan memeriahkan Bangka Jazz Festival 2019 di Babel Bhay Park Pangkalpinang pada 2 dan 3 November 2019.

Berdasarkan keterangan pers Bangka Jazz Festival di Pangkalpinang, Kamis, menyebutkan 11 musisi yang akan memeriahkan Bangka Jazz Festival 2019, yaitu Bangka Percussion, Aries Quartet, Sierra Soetedjo, Rika Roslan, Mujiono, Idang Rasjidi Syndicate, Sahang Project, Nita Aartsen, Rio Moreno, Sastrani Wirata, Djaduk Ferianto.

Pada kegiatan itu, untuk penampilan hari pertama akan diisi oleh Bangka Percussion, Aries Quartet, Sierra Soetedjo, Rika Roslan, Mujiono dan Idang Rasjidi Syndicate.

Selanjutnya untuk penampilan pada hari kedua diisi oleh Bangka Percussion, Sahang Project, Nita Aartsen, Rio Moreno, Sastrani Wirata, Djaduk Ferianto dan Idang Rasjidi Syndicate.

"Acara ini dilaksanakan bertujuan untuk agar dapat ikut serta dalam mengharumkan nama Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang sebagai tanah kelahiran saya. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi acara tahunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," kata Maestro jazz Indonesia, Idang Rasjidi di Pangkalpinang, Kamis.

Selama ini Festival jazz yang terlaksana di daerah lain bahkan di luar negeri dari campur tangan dirinya, sehingga Ia juga ingin melaksanakan hal itu di kota kelahirannya.

"Saya ini kelahiran Pangkalpinang, jadi kenapa tidak saya buat festival jazz di tanah kelahiran saya sendiri. Nanti pada Februari 2020 kami juga akan mengadakan pertemuan bertabuh perkusi dunia di Belitung. Nanti saya juga akan adakan festival jazz pada hari yang sama," katanya.

Pada kegiatan tersebut kata Dia, akan diawali dengan senam Bedincak yang diinisiasi oleh Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono.

"Saya sengaja memasukkan senam Bedincak ini agar diviralkan ke tingkat nasional. Saya ingin ada Bedincak dapat dikenal seluruh Indonesia seperti halnya senam poco-poco," katanya.

Terbentuknya Bangka Jazz Festival berawal dari sebuah pertemuan antara sang maestro jazz Idang Rasjidi dengan Kapolda Babel Brigjen Pol Istiono di Pangkalpinang. Pertemuan kedua tokoh tersebut untuk merancang rencana pembuatan acara jazz terbesar di Bangka Belitung.

Rencana pertunjukkan tersebut juga didukung oleh Direktur PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dan juga mendapat dukungan dari Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Acara Bangka Jazz Festival 2019 didukung kerja sama dari PT Timah Tbk, Polda Bangka Belitung, Pemkot Pangkalpinang, TVRI, Citilink, Swiss-Bell Hotel Pangkalpinang, Bank Mandiri, Radio Sonora, Radio Suara Khatulistiwa, Idang Rasjidi Syndicate dan seluruh masyarakat Bangka Belitung.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019