Kapolres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Aris Sulistyono minta pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dapat meningkatkan sinergitas kesemua pihak termasuk ke kepolisian untuk terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

Hal itu disampaikan kapolres saat menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah BPD terpilih Desa Riding Panjang, Desa Gunung Muda, Desa Bintet, Desa gunung pelawan, Dan Desa Lumut, Kecamatan Belinyu di Belinyu, Senin.

Dengan terbangunnya sinergitas kelembagaan kata kapolres, akan tercipta kondisi kamtibmas sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat desa setempat melakukan aktivitasnya yang pada akhirnya kesejahteraan masyarakat meningkat.

"Saya ucapkan selamat kepada BPD yang secara sah sudah dilantik dengan harapan mampu menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan kefungsiannya berdasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan," jelas kapolres.

Menurut kapolres, BPD mempunyai tugas merumuskan peraturan desa dan melakukan pengawasan peraturan desa dan peraturan kepala desa serta dapat menyerap aspirasi dari masyarakat, sehingga peran dari BPD dirasakan oleh masyarakat untuk mensejahterakan masyarakat.

Kapolres mengatakan, kemitraan kelembagaan BPD memiliki peranan penting membantu kerja kepolisian ditingkat desa seperti pencegahan paham radikalisme yang harus dilakukan secara terpadu.

"Masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta "stokeholder" ditingkat desa mempunyai peranan penting dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan pembangunan daerah," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019