Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka sebanyak 146 formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) pada 2019.

"Daerah ini hanya mendapatkan kuota sebanyak 146 dari kementerian terkait, termasuk sedikit jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Babel karena berdasarkan kemampuan anggaran dan jumlah penduduk suatu daerah," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Beltim Yuspian di Manggar, Selasa.

Ia menjelaskan, sebanyak 146 formasi CASN itu diperuntukkan bagi 27 tenaga teknis, 57  tenaga kesehatan dan 72 tenaga guru.

"Jumlah formasi itu ditentukan dari jumlah APBD dan berapa jumlah penduduknya. Itu rumusan secara umumnya, ada aturannya," ujarnya.

Yuspian mengatakan, perbandingan jumlah PNS dan penduduk sangat erat kaitannya dengan pelayanan sehingga setiap jabatan formasi memiliki rasio perbandingan dengan jumlah warga yang diberikan pelayanan.

"Contohnya Satpol PP ada rumusan jumlah idealnya, tenaga kesehatan dokter dan guru juga punya rumus masing-masing. Jadi kalau ditanya kenapa jumlah kuota formasi kita lebih sedikit dibandingkan daerah lain, ya silahkan hitung sesuai logika saja,” terangnya.

Meski jumlah kuota CPNS tidak terlalu banyak yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuspian menekankan diakomodirnya lulusan SMA sederajat.

"Kita menyambut baik diakomodirnya lulusan SMA meski cuma satu. Ini tanda positif artinya ke depan kita bisa kembali mengajukan formasi untuk lulusan SMA atau SMK," kata Yuspian.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019