Wakil Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan guna mengklarifikasi terkait Puskesmas Pembantu (Pustu) yang tidak beroperasi sejak dua tahun terakhir.

"Terima kasih informasinya, saya akan segera memanggil kepala dinas untuk mengklarifikasi permasalahan ini,  kenapa bisa jadi seperti ini," kata Riza Herdavid di Toboali, Sabtu.

Menurut dia, seharusnya hal seperti ini tidak terjadi apalagi, Pustu merupakan fasilitas kesehatan pertama untuk melayani masyarakat pedesaan untuk mendapatkan pertolongan medis sebelum ke fasilitas tingkat lanjut.

"Masalah ini tidak boleh dibiarkan berlarut karena menyangkut hajat orang banyak, untuk itu saya akan minta Kadinkes untuk segera menyelesaikan permasalahan ini," katanya.

Ia mengatakan dengan terjadinya permasalahan ini atas nama pribadi dan pemerintah daerah meminta maaf kepada masyarakat, khususnya Desa Keposang dan Sekitarnya karena terkendala dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Kami mohon maaf kepada masyarakat dan saya akan segera mengatasi permasalahan ini," katanya.

Tidak hanya itu, Wakil Bupati Bangka Selatan juga meminta Kadinkes untuk menginventarisir jumlah keseluruhan Pustu dan mengawasi apakah sudah berjalan optimal dalam melayani masyarakat.

"Ini merupakan bahan yang harus kami evaluasi, untuk itu saya akan minta Kadinkes untuk memantau pelayanan seluruh Pustu, khususnya di wilayah pelosok desa," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019