Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang menggelar rapat koordinasi bersama awak media se-Kota Pangkalpinang, guna membahas agenda kegiatan 2020.

"Meskipun 2020 nanti di Kota Pangkalpinang tidak ada Pemilu, namun Bawaslu tetap ingin berkomunikasi dan berkoordinasi bersama media karena media adalah mitra kami," kata Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, di 2020 Kota Pangkalpinang tidak ada Pemilu, sehingga Bawaslu mengajak awak media saling berkoordinasi menyusun agenda kegiatan 2020 untuk mempererat hubungan baik antar Bawaslu dengan media.

"Kita berencana menggelar media gathering dengan mengundang 100 peserta dari awak media yang ada di Kota Pangkalpinang dan beberapa media kampus atau mahasiswa," ujarnya.

Selain itu, Bawaslu Kota Pangkalpinang juga akan menggelar HUT Bawaslu dengan mengundang mitra terkait, untuk meningkatkan sinergisitas Bawaslu dengan semua mitra.

Untuk program kerja lainnya di 2020, Bawaslu Kota Pangkalpinang juga akan melakukan pengembangan pengawas dalam partisipasi Pemilu, agar masyarakat mengetahui apa saja kewenangan Bawaslu.

"Apapun bahan informasi yang diterima akan menjadi masukan untuk Bawaslu," ujarnya.

Salah satu Komisioner Bawaslu Kota Pangkalpinang, Novrian Saputra menambahkan, melalui kegiatan ini Bawaslu mengajak awak media berdiskusi kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama di 2020 nanti.

"Kami mengajak teman-teman media bertukar pikiran apa saja kegiatan yang akan kami lakukan bersama, karena 2020 kita tidak menggelar Pilkada," ujarnya.

Mantan Ketua Bawaslu Babel, Zulterry yang turut hadir menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut, mengusulkan agar di 2020 Bawaslu Babel bersama media dapat membentuk sahabat demokrasi agar pemberitaan terkait pengawas dan Pilkada di daerah semakin berimbang.

"Pembentukan sahabat demokrasi ini bisa dibangun menjadi icon agar dapat menangkal pemberitaan hoaks," ujarnya.

Salah satu wartawan dari media lokal di kota Pangkalpinang, Hendra yang mewakili awak media lainnya, menyetujui kegiatan yang sudah disusun agar hubungan baik antar Bawaslu dan media semakin baik.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019