Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan meraih predikat terbaik ketiga dari seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2019.

"Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi bagi kinerja pemkab dalam pelaksanaan DAK yang diberikan oleh Direktorat Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI," kata Plt Kepala Bapeda Kabupaten Bangka Selatan, Herman di Toboali, Kamis.

Ia mengatakan ada beberapa kriteria sebagai parameter penilaian kinerja tersebut diantaranya, konsistensi Pelaksanaan Kontrak, Pencapaian Output program/kegiatan dan Ketepatan sasaran program/kegiatan dan Konsistensi Pelaporan Monitoring dan Evaluasi (Monev) progres fisik dan keuangan.

Ia mengatakan khusus untuk laporan Monev pelaksanaan kegiatan DAK fisik dilakukan dikendalikan oleh Bappeda Kabupaten Bangka Selatan melalui Aplikasi SIMONEV dan tentunya verifikasi faktual di lapangan.

"Alokasi kegiatan DAK Fisik Tahun 2019 dikonsentrasikan untuk beberapa sektor strategis  baik untuk DAK reguler, DAK Penugasan maupun DAK Afirmasi seperti bidang Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi, Jalan dan Pasar," kata dia.

Ia mengatakan keberhasilan diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari peran dan komitmen bersama yang telah bekerja optimal menjalankan fungsi masing-masing.

"Penghargaan ini adalah berkat kerjasama Tim Perangkat Daerah Pemkab Basel, kendati demikian hal ini saya harap tidak membuat cepat puas dan lebih meningkatkan kinerja agar hasil yang dicapai jadi lebih baik," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019