Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan pencegahan penyakit rabies yang ditimbulan oleh binatang peliharaan masyarakat melalui optimalisasi vaksinasi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman di Sungailiat, Sabtu mengatakan pencegahan penyakit rabies pada binatang peliharan terus ditingkatkan oleh pihaknya mengingat wilayah Kabupaten Bangka tercatat daerah bebas rabies.

"Kita harus tetap menjaga agar wilayah Kabupaten Bangka selamanya bebas penyakit rabies," tambahnya.

Upaya pencegahaan penyakit yang ditimbulkan dari binatang jenis itu, sebut dia memberikan pelayanan rutin vaksinasi binatang baik yang dilakukan secara kolektif maupun melalui pusat pelayanan kesehatan hewan serta di kantor Pertanian.

"Selain penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan, pemberian vaksin antirabies pada hewan akan memberikan perlindungan kepada manusia dari dampak gigitan hewan yang terkena rabies," jelasnya.

Dia sarankan bagi masyarakat yang memiliki binatang peliharaan seperti, kuncing, anjing, kera maupun jenis binatang peliharaan lainnya agar rutin diperiksakan kesehatannya.

Rabies merupakan penyakit berbahaya yang menyerang susunan saraf pusat manusia yang terserang rabies kemungkinan besar meninggal, Vaksin merupakan cara yang paling efektif karena bisa memutus rantai penularan hewan yang terinfeksi rabies ke manusia melalui gigitan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019