Muntok (Antara Babel) - Sekolah Menengah Atas Negeri I Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menjadi juara  lomba website sekolah yang diselenggarakan pemerintah daerah setempat.

"Baik dari sisi tampilan dan konten, websitek SMA Negeri I Muntok cukup memuaskan tim juri. Sekolah itu itu juga diundang untuk mengikuti lomba yang sama di tingkat nasional," kata Kepala Seksi Aplikasi dan Telematika Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Uli Nuha di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, lomba website digelar sejak Juni 2014 dan penilaian akhir dilakukan pada Kamis (21/7) dengan materi presentasi  dan diskusi antara peserta dengan tim juri, diselenggarakan untuk meningkatkan kreativitas siswa mengelola website sekolah.

Ia menambahkan, ke depan web sekolah diberi ruang hosting tersendiri oleh pemkab setempat agar bisa diakses masyarakat secara "online."
    
"Dari sisi tampilan dan konten, sebagian besar peserta sudah menarik dan layak untuk ditampilkan secara 'online'. Kami harapkan dengan ruanghosting yang kami berikan akan semakin memotivasi para pegiatnya untuk terus mengembangkan website sekolah masing-masing," kata dia.

Penyediaan hosting tersebut, kata dia, pemkab bekerja sama dengan Diskominfo Provinsi Babel dan idwebhost yang berpusat di Yogyakarta.

"Website sekolah akan kami koneksikan dengan hosting tersebut agar bisa diakses masyarakat melalui internet. Ini akan membawa kemajuan bagi pengelola, sekolah dan kami juga terbantu untuk menyebarluaskan berbagai informasi pendidikan di daerah kepada masyarakat," kata dia.

Ia menambahkan, pada lomba tersebut peringkat kedua diraih SMK Negeri Parittiga dan peringkat III diraih SMK Muhamadiyah Muntok. SMK Negeri Kelapa meraih penghargaan khusus dari tim juri yang dianggotai Erik dari Kemeneterian Komunikasi dan Infromatika, Iqbal Praktisi dari Metro TV, dan Erman Arif dari Diskominfo Provinsi Babel.

Ia berharap  lomba tersebut mampu memotivasi para siswa dan pengelola sekolah untuk meningkatkan pengembangan websitenya sehingga bisa membantu menyebarkan informasi pendidikan.

Ditambahkannya, lomba serupa akan akan dilaksanakan setiap tahun dan diharapkan bisa menjadi sarana siswaa berkreativitas siswa sekaligus mendukung kegiatan belajar-mengajar di sekolah untuk hal-hal positif.

Terkait dengan undangan mengikuti lomba sejenis di Kemenkominfo, kata dia, untuk tahun ini pemkab belum bisa memfasilitasi biaya akomodasi karena memang belum dianggarkan, namun untuk tahun-tahun berikutnya akan diusahakan.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014