Muntok (Antara Babel) - Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan lomba poster bertema budaya lokal dan pelestarian lingkungan untuk digunakan pemerintah daerah setempat.

"Lomba poster ini berhadiah total Rp17,5 juta untuk juara I, II, III dan favorit tim juri, serta 16 nominasi terbaik," kata Panitia Lomba Poster Dishubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat, M Erfan di Muntok, Jumat.

Ia menjelaskan, karya-karya yang dikirim peserta sepenuhnya menjadi milik pemkab dan akan digunakan untuk berbagai kegiatan, baik di dalam maupun luar daerah untuk menunjang pembangunan daerah.

"Kami tetap akan mencantumkan nama kreatornya sebagai bentuk penghargaan kami atas karya-karya mereka, kami harapkan hal ini bisa memotivasi pekerja seni lokal untuk terus berkeasi," katanya.

Ia menjelaskan, lomba poster kali ini mengambil tema lingkungan dan budaya lokal, seperti pengungkapan ekspresi melalui karya bertema pelestarian lingkungan, tarian, budaya lokal, adat, kegiatan suku dan lainnya.

Dia mengharapkan melalui lomba bisa menumbuhkan rasa bangga memiliki budaya lokal yang sarat akan muatan nilai sosial dan upaya pelestarian lingkungan agar tidak semakin rusak oleh berbagai kegiatan masyarakatnya.

"Karya-karya tersebut akan kami perbanyak untuk dibagikan ke kecamatan, desa atau untuk mendukung kegiatan saat pemkab mengikuti berbagai even di luar daerah," kata dia.

Ia menjelaskan, karya poster bisa dikirim melalui email info@bangkabaratkab.go.id atau ke kantor Dishubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat yang beralamat di Komplek Pemda, Palempat, Muntok.

"Karya dikirim berupa softcopy dengan format corel atau photoshop dalam bentuk JPEG, dengan ukuran standar A3, paling lambat 11 Oktober 2014," katanya.

Ia mengatakan, karya yang terkumpul akan diseleksi dan dinilai oleh tim juri yang berkompeten di bidang tersebut, yaitu praktisi desain poster dari Jakarta, Palembang dan praktisi lokal pada 12-18 Oktober 2014.

"Pada Kamis (23/10) kami akan menggelar seminar dengan nara sumber dari tim juri yang bisa dimanfaatkan para peserta untuk memperdalam kemampuannya dalam membuat karya poster, pada kesempatan itu kami juga akan mengumumkan dan menyerahkan hadiah kepada para juara," katanya.

Ia menambahkan, lomba ini terbuka untuk umum yaitu warga Bangka Barat atau berdomisili di Bangka Barat.

"Bagi warga pendatang juga bisa ikut lomba, namun wajib menyertakan surat domisili yang dikeluarkan pemerintah setempat. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi panitia di nomor 085228977781 atas nama Yogi atau alamat website bangkabaratkab.go.id," kata dia. 

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014