Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperketat pengamanan jalur penyeberangan di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok untuk memberi rasa nyaman kepada para pemudik.

"Arus mudik pada masa libur akhir tahun di pelabuhan tersebut terus meningkat, kami berharap kehadiran personel di tengah masyarakat bisa memberikan rasa aman dan nyaman," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Rabu.

Menurut dia, pemantauan dan pengawasan keamanan di jalur penyeberangan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Sumatera tersebut dilakukan setiap saat dengan menempatkan sejumlah personel, baik yang berpakaian seragam maupun sipil.

Pos pengamanan juga sudah dibangun di lokasi itu untuk memudahkan koordinasi para personel dengan petugas instansi lain yang terlibat dalam Operasi Lilin Menumbing 2019.

"Kami bersama Forkompinda Bangka Barat juga sudah melakukan pengecekan di lokasi itu, semua sudah siap menyukseskan Operasi Lilin Menumbing," katanya.

Kehadiran polisi di tengah masyarakat untuk memberikan rasa aman dan nyaman sehingga mereka bisa berlibur atau pulang kampung dengan selamat.

Selain itu, para petugas lintas sektor juga memberikan keamanan dan keselamatan para penumpang di jalur pelayaran dengan memastikan kondisi kapal dan berbagai alat keselamatan yang dibutuhkan.

"Patroli tidak hanya dilakukan di darat, namun juga di perairan untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya tindakan kejahatan," ujarnya.

Ia berpesan kepada masyarakat agar tidak sungkan memberikan informasi kepada para petugas di lapangan jika ditemukan adanya tindakan yang mencurigakan.

Sikap proaktif sangat dibutuhkan agar setiap tindak kejahatan bisa segera ditindaklanjuti dengan cepat dan sesuai prosedur yang berlaku.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019