Polisi Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan patroli malam hari untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pergantian tahun.

"Pengamanan wilayah kota menjadi salah satu prioritas kami dalam menjaga kamtibmas menjelang perayaan tahun baru," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, momentum pergantian tahun biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk menggelar berbagai kegiatan yang berpotensi menjadi ajang berkumpul banyak orang.

Kegiatan patroli malam hari tidak hanya dilakukan di tempat strategis dan tempat ibadah, namun juga di lokasi-lokasi yang biasa dijadikan tempat berkumpul warga dan objek wisata.

"Selain patroli, personel juga melakukan pemantauan arus lalu lintas agar masyarakat semakin nyaman dan lalu lintas lancar," katanya.

Personel juga disiapkan di beberapa lokasi strategis, salah satunya melakukan pengamanan di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian Mentok yang pada musim libur sekolah dan tahun baru ini mengalami peningkatan jumlah penumpang.

Di beberapa lokasi, kata dia, didirikan pos pengamanan dan pos pemantauan agar lalu lintas lancar dan para pemudik nyaman melakukan perjalanan.

"Pola pengamanan yang dilakukan diharapkan bisa mengantisipasi hal-hal buruk yang dapat mengganggu kamtibmas dan kehadiran polisi di tengah masyarakat diharapkan bisa memberikan dampak positif dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019