Wakil Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Herdavid mengajak masyarakat Rawa Bangun Kelurahan Toboali untuk ikut serta gotong royong membersihkan dan memperbaiki saluran yang rusak di daerah itu.

"Tadi saya ke Jalan Rawa Bangun untuk melihat salah satu saluran air yang menjadi penyebab banjir dan rencananya besok pagi bersama masyarakat akan melakukan gotong royong untuk membersihkan dan memperbaiki saluran yang rusak," kata dia di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan untuk memacu semangat masyarakat secara pribadi akan ikut langsung bergotong royong dan membantu material untuk memperbaiki saluran yang rusak.

"Tadi sudah saya serahkan bantuan pribadi kurang lebih Rp 5 juta untuk membeli semen, batu dan pasir agar besok bisa bergotong royong bersama masyarakat untuk memperbaiki saluran yang rusak sementara," kata dia.

Selain itu, Wabup juga sudah mengintruksikan Dinas PUPR untuk meninjau saluran yang jebol, namun karena sudah akhir tahun tutup anggaran, maka rencananya pada 2020 akan segera di tindaklanjuti.

"Tadi PU sudah cek namun anggaran tidak bisa diproses lagi karena akhir tahun, jadi saya menggunakan uang pribadi untuk membeli material dan akan dikerjakan secara gotong royong bersama masyarakat besok," kata dia.

Ia mengatakan rencana gotong royong ini sudah disampaikan kepada kepala lingkungan atau RT setempat untuk menghubungi masyarakat yang terkena dampak banjir untuk gotong royong bersama.

"Tadi kaling sudah saya minta besok agar mengumpulkan warga untuk gotong royong, namun bagi masyarakat yang ingin ikut serta kami persilahkan datang, karena semakin banyak orang semakin akan baik," kata dia.

Ia menjelaskan apa yang dilakukan ini merupakan kepedulian pemerintah terhadap masyarakat khususnya yang terkena musibah banjir ini.

"Meskipun hanya untuk memperbaiki sementara, namun ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat dan rencananya pada 2020 akan segera kita atasi," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019