Sungailiat, (Antara Babel) -  Bupati Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Tarmizi Saat mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga dan melestarikan seni budaya yang selama ini tumbuh dan berkembang di daerah itu.

"Saya mengajak masyarakat agar mencintai seni dan budaya lokal sehingga menjadi aset wisata yang memiliki daya tarik dan ke depannya akan semakin banyak wisatawan yang datang mengunjungi daerah ini," kata dia di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan, seni budaya adalah kekayaan bangsa yang bisa jadi sumber daya untuk menyejahterakan rakyat dan pada akhirnya ikut meningkatkan perekonomian daerah.

"Begitu banyak keragaman seni budaya yang ada di Bangka yang apabila dikelola dengan baik dan benar dapat menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat dan daerah," katanya.

Ia menambahkan, keanekaragaman seni budaya yang ada perlu dilestarikan agar akar budaya masyarakat di Pulau Bangka tidak terlupakan.

"Orang yang menghargai sejarah akan menjadi bangsa yang besar," katanya.

Menurut bupati, unsur budaya yang paling mudah dikenalkan kepada masyarakat luar di antaranya berupa lagu daerah, tarian dan segala bentuk budaya yang ditinggalkan nenek moyang dalam kehidupan bermasyarakat.

"Di Bangka banyak kesenian budaya yang diimplementasikan dalam bentuk kreasi tarian dan lagu daerah sehingga bisa berkembang lebih luas sesuai perkembangan zaman yang semakin modern," kata bupati.

Selain itu, ia juga meminta kepada Dinas Pendidikan setempat untuk lebih memperhatikan nilai budaya, bukan hanya nilai-nilai yang bersifat keilmuan saja.

"Penerapan nilai budaya terutama kearifan lokal sangat penting ditumbuhkan kepada anak didik guna membentengi pengaruh budaya luar yang kurang baik," katanya.

Dinas Pendidikan sebagai pemangku kebijakan di dunia pendidikan, menurut dia, harus fokus menyelamatkan peninggalan budaya serta melestarikan nilai budaya dan kesenian daerah.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014