Sebanyak 207 peserta atau petani durian asal Bangka Belitung dipamer dalam ajang kontes dan bazar durian yang digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Kepulauan Bangka Belitung.

"Melalui kontes durian ini kita ingin menunjukkan pada dunia bahwa durian Babel itu luar biasa," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam kontes durian ini Pemprov Babel dapat mengambil kebijakan baru dalam menetapkan jenis durian mana yang unggul dan dapat menjadi bibit untuk bisa dipertahankan mutunya.

"Kami mohon kerjasamanya nanti untuk durian yang terpilih agar kita dapat mempertahankan mutunya sehingga dapat memberi nilai tambah," ujarnya.

Dalam kontes durian ini, seluruh peserta wajib membawa tiga durian segar dengan usia maksimal tiga hari sebelum dilombakan, karena tim juri menilai durian dari sudut ketebalan, rasa, tekstur warna, bentuk buah dan aromanya.

Peserta yang beruntung dapat memperoleh trophy, sertifijat dan uang tunai sebesar Rp 22 juta untuk juara pertama, Rp 17 juta untuk juara kedua, Rp 13 juta untuk juara ketiga, Rp 10 juta juara harapan I, Rp 7,5 juta juara harapan II dan Rp 5 juta untuk juara harapan III.

"Kontes durian ini juga akan memberi dampak positif untuk kemajuan pariwisata kita karena dengan hasil durian yang bermutu, wisatawan dapat tersentuh untuk mengunjungi Bangka Belitung.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020