Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyambut baik rencana pelaksanaan Indonesia Grandprix di Babel dan menekankan bahwa rute kegiatan ini harus melintasi destinasi wisata.

"Kegiatan ini tak hanya membangun bidang olahraga, sebab di sisi lain diharapkan dapat mendongkrak kemajuan sektor pariwisata di Bangka Belitung," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, untuk sektor olahraga bisa di komunikasi dengan Dinas Olahraga kabupaten/kota, sedangkan yang terkait di sektor pariwisata melalui Dinas Pariwisata Babel.

Dalam rapat ini juga pihaknya membahas jumlah biaya untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Setelah mengetahui jumlah dananya, kemudian dilanjutkan mencari pihak yang berkenan untuk mensponsori. Hendaknya sponsor ini hingga tingkat internasional.

Sedangkan untuk sponsor lokal seperti PT Timah, itu bisa daerah yang mengerjakannya. Tentunya pihak penyelenggara kegiatan ini mendapatkan keuntungan dan pengerjaan kegiatan harus secara profesional.

Selain harus menginventarisir terkait pendanaan, tanggal pelaksanaan bertepatan adanya keramaian masyarakat. Contohnya, bertepatan dengan pelaksanaan selamatan kampung karena kegiatan ini akan melewati Kabupaten Bangka Barat.

Erzaldi berharap rute tidak melintasi jalan utama atau protokol, namun  melewati jalan pantai dan menyentuh semua kabupaten, sampai Kabupaten Bangka Selatan. Bisa saja peserta mengunjungi hingga Pulau Putri, Belinyu, Kabupaten Bangka.

"Ketika melewati Kabupaten Bangka Tengah, bisa melintasi destinasi wisata Kolong Biru. Untuk Pangkalpinang melewati Jembatan Emas dan langsung menuju ke Kabupaten Bangka," ujarnya

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020