Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya meningkatkan pola pengawasan berbagai tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 dengan memanfaatkan aplikasi "Cerudik Menumbing".

"Aplikasi itu untuk memudahkan pengawasan karena seluruh informasi akan diarsipkan secara digital dan mudah penggunaannya," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio F Pahlevi di Mentok, Jumat.

Menurut dia, aplikasi internal yang sudah diluncurkan tersebut akan memudahkan koordinasi dan menunjang pekerjaan para pengawas di tingkat kecamatan.

"Aplikasi itu nantinya akan digunakan para petugas pengawas untuk memasukkan data hasil pengawasan sehingga kami lebih mudah memantau karena datanya terstruktur," katanya.

Untuk memudahkan pola kerja baru itu, Bawaslu Kabupaten Bangka Barat telah melakukan pelatihan kepada para pengawas di tingkat kecamatan.

Para anggota Panwascam telah dilatih agar mampu mengoperasikan aplikasi "Cerudik Menumbing" dan memahami berbagai data yang wajib dimasukkan dalam aplikasi tersebut.

"Sebagai langkah awal, kami instruksikan kepada para pengawas untuk memantau pembentukan badan penyelenggara, yaitu PPK, PPS, dan KPPS yang sedang dilaksanakan KPU Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Menurut dia, tugas para Panwascam cukup berat karena mereka menjadi salah satu ujung tombak dalam mengawal seluruh proses tahapan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Selain melatih penggunaan aplikasi tersebut, para Panwascam juga diminta meningkatkan pemahaman isi peraturan perundangan dengan berbagai kajian guna mendukung tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan pada pelaksanaan Pilkada 2020," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020