Kelompok Tani Citra Trubus, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membudidayakan sebanyak 50.000 batang cabai merah di atas lahan seluas tiga hektare.

"Kami manfaatkan lahan kosong atau lahan tidur, diolah dan ditanam cabai merah," kata Ketua Kelompok Tani Citra Trubus, Acoi di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan budidaya ini merupakan kelanjutan dari upaya Kelompok Tani Citra Trubus yang berhasil memproduksi 10.000 batang cabai merah.

"Sebelumnya sudah berhasil dipanen sebanyak 10.000 batang dengan nilai uang mencapai ratusan juta," ujarnya.

Menurut Acoi, tanaman cabai merah memiliki prospek ekonomi yang besar karena cepat panen dan biaya produksi tidak terlalu tinggi.

"Kami berhasil meraup keuntungan mencapai Rp150 juta dan itu dibagi secara kelompok dengan anggota sebanyak 10 orang," ujarnya.

Oleh karena itu, Kelompok Tani Citra Trubus terus melakukan pengembangan pembudidayaan cabai merah dengan memperluas areal tanam hingga tiga hektare.

Dalam proses produksi tersebut, pihaknya juga menggunakan pupuk organik cair MA11 untuk meningkatkan kualitas tanaman cabai merah.

"Kami sudah menggunakan MA11, ternyata lebih hemat biaya operasional. Mampu memotong biaya produksi sekitar 40 hingga 50 persen," ujar Acoi.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020