PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung turut mengkampanyekan pentingnya mengurangi kebiasaan penggunaan kantong plastik bagi diri sendiri.

"Kami ikut menyuarakan kampanye “Ban Single Use Plastik” dimulai dari hal kecil seperti menghindari pembelian kemasan air mineral sekali pakai dengan membawa thumbler untuk kebutuhan sehari-hari," kata Kepala Cabang Jasa Raharja Kepulauan Bangka Belitung, Agus Doto Pitono, di Pangkalpinang, Rabu.

Sampah plastik yang biasa di gunakan sehari-hari memerlukan waktu 10-100 tahun untuk terurai. Plastik pembungkus produk kebutuhan sehari-hari seperti detergen perlu waktu 50-80 tahun dan botol plastik air mineral perlu waktu 50-100 tahun untuk terurai.

Info yang lebih mengerikan lagi adalah sampah sterofoam tidak dapat diuraikan.

Oleh karena itu, saat berbelanja ke supermarket harus dibiasakan selalu membawa tas kantung belanjaan sendiri, sehingga tidak harus selalu menerima kantung plastik dari kasir.

"Untuk mengurangi sampah plastik, kami juga melakukan kegiatan reboisasi atau penanaman kembali di halaman kantor," ujarnya.

Jasa Raharja Cabang Kepulauan Bangka Belitung juga mengimbau semua masyarakat agar ikut mengurangi pemakaian plastik sekali pakai dan selalu membudayakan buang sampah pada tempatnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020