Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan koordinasi bersama dinas terkait untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Sekarang sudah memasuki musim hujan dengan intensitas cukup tinggi itu akan terjadi hingga akhir Februari 2020," kata Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza di Manggar, Minggu.

Pejabat instansi terkait dan para pemangku kepentingan lainnya diminta untuk meningkatkan koordinasi dalam rangka mengantisipasi bencana alam.

"Bencana alam banjir harus diwaspadai karena kita sudah pernah mengalami kondisi banjir yang cukup parah merendam hampir seluruh kecamatan," ujarnya.

Pemkab Belitung Timur sudah mempersiapkan sejumlah personel yang siap diterjunkan ke titik rawan bencana untuk membantu korban terdampak.

"Demikian juga peralatan pendukung sudah dipersiapkan, kendati memang belum sesuai dengan permintaan. Maka kami mengharapkan dukungan masyarakat yang juga selalu meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Yuslih meminta peran pemerintah desa untuk mengajak warganya selalu bergotongroyong membersihkan drainasi atau saluran air.

Drainase yang tersumbat akan memicu terjadinya banjir, maka ajak masyarakat selalu bergotongroyong dan jangan buah sampah sembarangan.

Pewarta: Ahmad

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020