Relawan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Diskominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelatihan dan bimbingan kepada pelajar sekolah menengah pertama, agar generasi penerus bangsa itu dapat menggunakan informasi teknologi dengan sehat.

"Kegiatan ini kita fokuskan kepada siswa-siswi SMP, karena mereka sangat rentan menjadi korban dari penggunaan internet tidak sehat," kata Kepala Bidang Pemberdayaan TIK, Statistik dan Persandian Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel, Zaiyuni di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan saat ini Relawan TIK menggelar pelatihan dan bimbingan penggunaan IT bertemakan "Memanfaatkan Teknologi Untuk Mencapai Cita-cita" kepada siswa-siswi SMPN 5 Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, guna memperkaya literasi digital di kalangan generasi penerus bangsa itu.

"Saat ini, internet telah menjangkau berbagai kalangan dan kaum muda merupakan kalangan yang sering bersinggungan dengan informasi teknologi ini. Melalui gawai pintar yang mereka miliki, maka akan sangat mudah dalam mengakses dan mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkannya," ujarnya.

Menurut dia kalangan remaja khususnya pelajar SMP sering menjadi kelompok utama dari program literasi digital yang telah dicanangkan pemerintah, mengingat dari segi faktor psikologi kalangan remaja ditinjau sangat rentan terhadap terpaan informasi yang berasal dari akses jaringan internet melalui gawai pintar yang dimilikinya.

"Saya berharap para siswa ini mengikuti kegiatan bimbingan ini dengan baik, karena dengan ini kalian dapat tahu dan paham bagaimana menggunakan internet secara sehat," katanya.

Ia menambahkan saat ini banyak peristiwa yang dialami remaja menjadi korban oleh karena penggunaan internet yang tidak sehat, karena ketidaktahuan mereka dalam memanfaatkan teknologi dengan baik.

Misalnya, ketergantungan akan game online, penggunaan media daring yang tak pada peruntukannya, cyber bully, serta informasi HOAX merupakan sejumlah persoalan yang rentan dialami dan terjadi di kalangan remaja.

"Kegiatan bimbingan ini penting, guna menjaga generasi remaja, khususnya kalangan pelajar SMP yang menjadi fokus perhatian dari program kegiatan pemberdayaan TIK yang dilakukan oleh pemerintah, seperti halnya dalam kegiatan literasi digital ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020