Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong warga mengembangkan produk kerajinan anyaman berbahan baku bambu.

"Kerajinan anyaman bambu merupakan produk kreatif yang sudah mulai berkembang di masyarakat, ke depan terus dikembangkan terutama terkait dengan pemasaran dan peningkatan keahlian," kata Ketua Dekranasda Belitung Timur, Susy Yuslih di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan di Belitung Timur banyak bahan baku untuk membuat berbagai anyaman yang kalau dikembangkan sangat memengaruhi baik dari segi budaya maupun dari perekonomian masyarakat.

"Tentu saja kami bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mendorong para perajin anyaman bambu dalam mengembangkan usaha mereka," ujarnya.

Pihaknya selalu aktif dan terus melakukan sinergi program dengan pemerintah daerah dan memberikan dorongan dalam pengembangan kerajinan masyarakat di Belitung Timur.

"Kami terus dorong para perajin, mulai dari kegiatan bimtek atau pelatihan dan meningkatkan kualitas produk melakukan promosi perdagangan," ujarnya.

Ia mengatakan usaha ekonomi kreatif akan menjadi pondasi ekonomi masyarakat setempat dalam jangka waktu panjang dan itu selaras dengan komitmen pemerintah daerah untuk menjadi ekonomi kreatif sebagai sektor andalan.

"Banyak sekali tumbuhan di Belitung Timur untuk bisa dimanfaatkan menjadi produk kerajinan menarik, mulai dari bambu, daun pandan, pelepah pisang dan lain sebagainya," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020