Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan patroli malam hari guna mencegah terjadinya kenakalan remaja dan tindak kriminal lain.

"Patroli kami laksanakan dengan menyasar sejumlah lokasi tempat berkumpulnya anak muda di malam hari serta tempat hiburan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Senin.

Menurut dia, patroli malam hari dalam beberapa minggu terakhir dilakukan cukup gencar guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami berharap patroli dalam kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," ujarnya.

Beberapa lokasi yang rutin menjadi sasaran pengawasan personel Polres Bangka Barat, antara lain objek wisata pantai, tempat berkumpulnya remaja, tempat hiburan malam, dan sejumlah tempat kos yang ada di daerah itu.

"Para pengunjung Pantai Baturakit, Mentok, pada malam hari kami periksa kelengkapan kendaraan, surat kendaraan dan SIM serta pemeriksaan kendaraan untuk mencegah peredaran senjata tajam," katanya.

Pada pemeriksaan tersebut, polisi tidak menemukan senjata tajam, narkoba maupun barang ilegal lain.

Baca juga: Polisi Bangka Barat tangkap seorang penyalahguna narkoba

Selain di pantai Baturakit, polisi juga melakukan pemeriksaan di objek wisata lain, seperti Pantai Tanjungkalian, Pantai Asmara, dan pantai lainnya yang setiap malam hari menjadi lokasi nongkrong anak muda.

"Para remaja yang berpasangan kami anjurkan segera pulang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena hari sudah larut malam," katanya.

Personel juga melakukan pemeriksaan di sejumlah tempat biliar dengan hasil tidak ditemukan barang ilegal maupun mencurigakan dari para pengunjung.

"Kegiatan tersebut bertujuan agar dapat mencegah terjadinya tindak pidana yang dapat merugikan masyarakat, kami juga ingin memberikan rasa aman dan nyaman di kota ini," katanya.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat imbau warga jaga Pantai Tanjungular

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020