Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuslih Ihza mendorong para nelayan untuk mengembangkan usaha produk pengolahan ikan karena memiliki nilai ekonomis.

"Saya minta para nelayan tidak hanya menjual ikan hasil tangkapan, namun dapat mengolah hasil tangkapan menjadi produk olahan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga," ujarnya di Manggar, Jumat.

Ia mengatakan pemerintah daerah saat ini sedang fokus menjalankan program pemberdayaan masyarakat pesisir dengan menyalurkan berbagai bantuan berupa fasilitas pendukung untuk melaut.

"Kita ingin nelayan sejahtera, dengan bantuan ini produktivitas penangkapan ikan dan mutu hasil tangkapan dapat bertambah dan tentu saja dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan nelayan,” ujarnya.

Ia juga meminta masyarakat pesisir lebih berpikir kreatif dalam mengembangkan berbagai produk olahan yang bahan bakunya dari ikan.

"Jangan hanya terpaku dengan penjualan ikan hasil tangkapan, tetapi juga harus bisa berpikir kreatif untuk memperkuat pondasi ekonomi keluarga dalam jangka panjang," ujarnya.

Ia juga mengingatkan para nelayan, bantuan yang diberikan dapat dijaga dengan baik dan tidak disalahgunakan, apalagi sampai dijual ke pihak lain, mengingat proses pengajuan bantuan tidak mudah.

“Jadi bantuan mohon dipergunakan sebaik-baiknya, jangan sampai dijual. Kita harap semuanya tepat sasaran,” ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020