Bupati Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuslih Ihza mengajak masyarakat baik perorangan maupun yang tergabung dalam organisasi dapat mengawal penggunaan dana desa, agar tepat sasaran dan taat aturan.

"Masyarakat silahkan sama-sama mengawasi penggunaan dana desa. Masyarakat harus ikut aktif mengawal pembangunan agar tepat waktu, mutu dan sasaran," ujarnya di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan, kendati penggunaan dana desa sudah ada acuannya atau sesuai dengan petunjuk pelaksana teknis dan bahkan juga melibatkan pihak Kejari untuk pendampingan namun peran masyarakat dalam mengawal juga dibutuhkan.

"Pendampingan hanya untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi kepala desa dan perangkatnya. Masyarakat juga harus berpartisipasi aktif memberikan kontribusi dalam mengawal dana desa," jelasnya.

Ia mengatakan, pendampingan akan membantu desa agar tidak melakukan kesalahan maupun mencegah penyimpangan.

"Sehingga aparat desa berani melaksanakan program dana desa. Kita tidak ingin mendengar ada lagi perangkat desa yang terlibat dalam perkara tipikor penyalahgunaan dana desa," lanjutnya.

Yuslih mengimbau kepada para kepala desa untuk tidak takut dan ragu-ragu membelanjakan dana desa sepanjang itu sesuai aturan.

"Justeru itu, kepala desa harus benar-benar paham dengan aturan penggunaan dana desa sehingga tidak bermasalah secara hukum," sebutnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020