Muntok (Antara Babel) - Pemeriintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam laporan keuangan tahun anggaran 2013 dengan opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Apresiasi itu disampaikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Bangka Belitung untuk Pemkab Bangka Barat," ujar Kepala Bidang Keuangan DPPKA Kabupaten Bangka Barat, Abimanyu di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan, pemberian penghargaan WTP itu atas dasar atas dasar penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang laporannya disampaikan pada tahun ini.

"Piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan RI yang diserahkan Wakil Presiden RI Boediono diterima Bupati, beberapa hari lalu di Jakarta," kata dia.

Selain mendapatkan piagam penghargaan, kata dia, pemkab juga akan mendapatkan bantuan dana atau yang disebut dengan Dana Insentif Daerah (DID), dengan besaran dan peruntukkan akan diatur dalam Peraturan Kementerian Keuangan RI.

Ia menambahkan, dalam rangka mempertahankan prestasi tersebut, pemkab sudah menyiapkan beberapa langkah dipersiapkan.

"Pertama, kami akan menerapkan metode "accrual basic" dalam melakukan penyusunan laporan keuangan, selanjutnya penambahan sumber daya manusia aparatur khusus yang membidangi akuntansi melalui rekrutan CPNS 2014 yang akan dilaksankan dalam waktu dekat," kata dia.

Ketiga, katanya, pemkab akan meningkatkan pengetahuan bagi aparatur di lingkungan pemda melalui bimbingan teknis akuntansi dan bimtek lain terkait penyusunan laporan keuangan.

"Adanya berbagai upaya tersebut, kami berharap tahun depan prestasi masih bisa dipertahankan," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014