Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman memastikan prospek berkah mart ini sangat menarik minat masyarakat.

"Dengan sistem yang berjalan mudah, kita yakin berkah mart ini akan berkembang, dan dalam 3 bulan sudah ada 80 outlet," kata Erzaldi Rosman saat meresmikan pusat distribusi (distribution center) Berkah Mart Bangka Belitung, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, pemerintah akan bekerjasama dengan BRI Syariah dalam pemberian KUR yang  akan digunakan oleh Berkah Mart.

"Dari BRI Syariah dalam memberikan KUR,  nantinya kepercayaan bank kepada suatu sistem dan suatu organisasi itu sangat mendukung dan membuat lancarnya sistem yang kita buat ini," ujarnya.

Disamping sistem jual beli yang dilakukan oleh masyarakat sendiri, keuntungannya nanti akan dinikmati oleh masyarakat sekitar juga, sehingga uang yang beredar tetap dikawasan tersebut, tidak seperti retail -retail lainnya.

Untuk pengembangan produk - produk yang diperjualbelikan di Berkah Mart, Pemprov Babel akan berkoordinasi ke pemerintah desa dalam mengumpulkan informasi  produk - produk lokal yang memiliki pangsa pasar bagus untuk dijual melalui Berkah Mart, dan harus masuk dan melalui pusat distribusi Berkah Mart Babel.

"Pusat Distribusi ini menjadi pusat dalam  mendistribusikan barang - barang yang dijual Berkah Mart di Pulau Bangka. Saya yakin selama itu memang betul-betul dapat memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat, akan terus berjalan," ujarnya.

Dalam waktu dekat, Berkah Mart akan semakin meningkat dengan bergabungnya beberapa Berkah Mart yang di kelola secara pribadi dengan tipe A, yang akan memacu peningkatan Berkah Mart yang ada di desa lainnya.

"Berkah Mart selama ini, masih tipe C, dan tahun ini, akan ada lima Berkah Mart dengan tipe A  yang dikelola secara pribadi bergabung," ujarnya.

Dirut BUMD Babel, Saparudin menjelaskan, peresmian pusat distribusi Berkah Mart Babel ini, sebagai lokasi dalam pendistribusian produk - produk yang akan dijual di Berkah Mart.

Sesuai arahan Gubernur, agar tercapai target 200 outlet Berkah Mart berdiri di Babel. Target Tahun 2020, akan disetup 200 Berkah Mart di Bangka Belitung.

Selain di lokasi pemerintah desa yang ada, Berkah Mart juga akan dibuka di Rumah Sakit Provinsi, Panti Asuhan, Pesantren dan SMK yang ada di Babel dengan konsep syariah.

"Adanya pusat distribusi (Distribution Center) Berkah Mart Babel,  dapat mendistribusikan  produk - produk yang dimiliki, dan dikelola dengan baik pula," ujarnya.

Acara Peresmian Pusat Distribusi Berkah Mart, turut dihadiri Kepala Dinas  Perindustrian dan Perdagangan Babel Sunardi, para Pengurus Berkah Mart se-Bangka,  Kepala Desa se-Bangka, dan instansi terkait lainnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020