Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Zayadi Hamzah mengatakan sebanyak 727 ulama peserta Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-VII di Kota Pangkalpinang sudah melakukan registrasi untuk mengikuti kongres akbar tersebut.

"Saat ini jumlah peserta KUII VII yang sudah melakukan registrasi sudah mencapai 727 orang dan diperkirakan akan terus bertambah," kata Zayadi Hamzah di Pangkalpinang, Selasa,

Ia mengatakan jumlah peserta KUII VII yang akan dibuka langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin sebanyak 1.000 orang terdiri dari Ketua MUI, Kepala Kanwil Depag, rektor universitas Islam dan ulama se-Indonesia akan hadir dalam kongres ini.

"Secara umum kongres akbar yang digelar dalam lima tahun sekali ini sudah siap dilaksanakan," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Bangka Belitung alokasikan Rp4 miliar bantu bangun Kantor MUI

Menurut dia selama KUII ke-VII selama tiga hari terhitung sejak 26 hingga 29 Februari tahun ini juga akan digelar seminar halal internasional yang diikuti narasumber dari luar negeri dan seluruh LPPOM se-Indonesia.

"Kami berharap kegiatan kongres yang dapat mewujudkan perjuangan umat Islam untuk mewujudkan NKRI yang maju dan beradab," katanya.

Ia menbahkan khusus untuk Bangka Belitung, MUI akan mencari peluang-peluang dan tatangan dalam menjadikan negeri serumpun sebalai ini menjadi daerah wisata halal.

"Kami menargetkan kongres dapat menghasilkan solusi dalam menjadikan Babel sebagai wisata halal untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan kesejahteraan masyarakat daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020