Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mendukung pengembangan dermaga tambat perahu nelayan di Desa Batu Beriga.

"Dermaga ini akan kami kembangkan dan ditingkatkan pembangunannya, agar para nelayan tidak menemui kendala untuk sandar setelah pulang melaut," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan pengembangan sepanjang 50 meter ini dibutuhkan untuk mempermudah sandar kapal karena dermaga yang ada hanya memiliki panjang 2x100 meter atau 200 meter.

"Dermaga ini akan ditambah lagi sekitar 50 meter ke depan, desainnya berbentuk T, sehingga nelayan mudah untuk sandar," ujarnya.

Dengan penambahan panjang dermaga tersebut, tambah dia, maka diharapkan tidak ada kendala nelayan untuk menyandarkan perahu dengan alasan pendangkalan.

"Keberadaan dermaga yang representatif di Desa Batu Beriga ini sangat penting karena 80 persen masyarakat adalah para nelayan, tentu saja fasilitas dermaga yang memadai itu penting," ujarnya.

Namun, Ibnu memastikan perpanjangan dermaga ini harus berkoordinasi dengan Pemprov Bangka Belitung karena pengembangan pelabuhan juga bagian dari ranah pemerintah provinsi.

"Kami bertekad semua kawasan pesisir di daerah ini memiliki dermaga tambat perahu yang lebih memadai, karena ini juga bagian dari keluhan para nelayan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020