Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimistis mampu meraih piala Adipura 2020 dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI.

"Kami tetap optimis, piala Adipura tahun 2020 dapat diraih meskipun sampai sekarang belum ada undangan dari penyelenggara," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Meina Lina di Sungailiat, Senin.

Terkait denga upaya daerah setempat untuk mendapatkan Adipura, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan secara sungguh-sungguh, mulai menerjunkan sejumlah petugas kebersihan untuk menyingkirkan sampah secara rutin, penambahan armada pemotong pohon, termasuk penambahan jumlah kotak sampah.

"Kami maksimal dalam penanganan kebersihan, baik dari sampah yang setiap saat dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir, penebangan pohon yang dianggap kurang bermanfaat dan kelengkapan sarana kotak sampah," katanya.

Sistem penilaian oleh panitia, kata dia, cukup ketat, mulai dari peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan, larangan membakar sampah, sampai pada titik penilaian yang dirahasiakan panitia.

"Penilaian piala Adipura tahun 2020 yang dilakukan oleh panitia cukuplah ketat, tidak hanya terfokus pada titik penilaian namun dapat dilakukan di tempat lain," katanya.

Adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam membangun kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020