Sebanyak 250 siswa-siswi SMA/SMK se-Kota Pangkalpinang mengikuti sosialisasi Perguruan Tinggi Perhubungan, guna mendapatkan informasi terkait sekolah kedinasan yang dibawahi oleh Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementrian Perhubungan RI.

"Melalui sosialisasi ini kita harap semakin banyak masyarakat mengetahui keberadaan Perguruan Tinggi Perhubungan dan semakin banyak pula siswa yang mengikuti pendidikan ini," kata Wakil Direktur 2 Politeknik Penerbangan Indonesia, Bambang Wijaya dalam sambutannya membuka sosialisasi tersebut, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, hingga saat ini dunia transportasi nasional masih dihadapkan dengan permasalahan moda transportasi. Masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan kemacetan yang masih membelit, tanpa adanya peningkatan pelayanan yang signifikan.

Untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang selamat, tepat, cepat, berkesinambungan, aman dan efisien, Kementrian Perhubungan menjawab tantangan tersebut dengan terus meningkatkan pelayanan sektor transportasi.

Melalui pendidikan dan pelatihan di Perguruan Tinggi Perhubungan ini pemerintah berupaya mewujudkan SDM unggul untuk menciptakan transportasi yang memberi keselamatan dan keamanan bagi masyarakat.

"Oleh karena itu, Badan Pengembangan SDM  (BPSDM) Perhubungan Kemenhub RI membuka kesempatan untuk putra putri Indonesia mengikuti pendidikan menjadi taruna taruni transportasi, melalui sistem penerimaan calon taruna setiap tahun," ujarnya.

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) transportasi ini digelar di 27 Lembaga diklat,  22 UPT, 4 pusat pengembangan SDM, pusat pendidikan tinggi, sekolah tinggi, sekolah tehnik dan balai pendidikan. Berbagi pilihan program pendidikan, baik darat, laut dan udara dan ada 65 program studi.  

"Setiap tahun kita menerima penerimaan taruna baru yang dilaksanakan dengan 2 pola, pembibitan (ikatan dinas) dan reguler. Kita menggunakan tes dengan sistem gugur dan yang lulus di didik menjadi taruna," ujarnya.

Kepala Sesi Kesiswaan Dinas Pendidikan Babel, Saiful Bahri dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Kementrian Perhubungan RI ini.

"Kita sangat mengapresiasi hadirnya BPSDM Perhubungan dalam menyampaikan informasi ini. Adanya sosialisasi ini membuka wawasan siswa-siswi kita agar dapat menempuh pendidikan di Politehnik Perhubungan," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020