Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba berpantun tingkat provinsi dalam rangka membudayakan adat istiadat dan budaya melayu di daerah itu.

Kapolda Kepulauan Babel, Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, Rabu, mengatakan lomba tersebut awalnya merupakan sebagai uji coba pada beberapa bulan yang lalu semenjak dirinya berada di Babel yang ingin menggali budaya lokal di daerah itu.

"Sebelumnya kan lomba Bedincak sebagai tari di Babel. Ini tentunya menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan cinta budaya. Dan saat ini kita buat terobosan juga yang bisa melestarikan budaya melayu salah satunya lomba Pantun." ujar Kapolda.

Dengan diadakan lomba berpantun ini, Kapolda bersyukur karena Polda Kepulauan Babel bisa melaksanakan lomba pantun tingkat Provinsi. Kapolda pun mengucapkan terimakasih atas peran para Bupati dan Walikota yang telah berpartisipasi mengarahkan masyarakatnya dan berharap ini bisa dan dapat dilestarikan budaya berpantun.

Ia juga mengatakan bahwa Pemprov telah menawarkan untuk Polda Babel menjadi tuan rumah tingkat nasional dalam lomba berpantun dan ini merupakan tantangan yang besar bagi Polda Babel.

"Tantangan kedepan sangat besar. Sekali melangkah pantang menyerah, sekali tampil harus berhasil. Jangan mundur harus kita dukung dan suatu kehormatan bagi kita," katanya.

Selain itu, Kapolda meminta kepada seluruh peserta untuk berlomba dengan fair dan jujur, serta menghargai dan menghormati para peserta lain. Jadikan ini sebagai budaya silahturahmi berkenalan satu sama lain untuk tingkatkan persaudara kita dan komunikasi.

"Kita berharap ini bisa berdampak langsung dengan kamtibmas kita. Pantun mengajar kita berkata santun. Untuk berinteraksi dengan masyarakat kita," katanya.

Kapolda pun mengucapkan terimakasih atas peran para bupati dan wali kota yang telah berpartisipasi mengarahkan masyarakatnya dan berharap ini bisa dan dapat dilestarikan budaya berpantun.

Acara yang digelar di Gedung Tribrata Polda Kepulauan Babel dihadiri oleh Kapolda Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat, Forkopimda Kepulauan Babel, Pejabat Utama Polda Babel, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Adat Budaya Melayu dan Pengurus Bhayangkari Daerah Kepulauan Babel. Untuk peserta lomba berpantun ini diikuti oleh sejumlah pemenang dari tiap Polres jajaran.


 

Pewarta: Try Mustikahardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020