Pemerintah Kota Pangkapinang bersama BNN kota setempat menargetkan Kelurahan Pasir Putih yang saat ini rawan narkoba menjadi kelurahan bersih narkoba (Bersinar) pada tahun ini.

"Kami akan gencar melakukan sosialisasi sebagai upaya pencegahan dan akan menempatkan penggiat anti narkoba untuk memberikan penyuluhan akan bahayanya narkoba di kelurahan itu," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen), Kamis.

Ia mengatakan, Pemkot Pangkalpinang akan terus mendukung BNNK dalam upaya memerangi narkoba, sehingga seluruh kelurahan di kota itu benar-benar bisa bersih dari barang haram tersebut.
 
"Bukti dukungan dalam memberantas narkoba ini kami lakukan dengan melaksanakan tes urine di seluruh OPD maupun kecamatan dan kelurahan secara mendadak. Tes urine ini akan kami lakukan secara rutin," katanya.

Kepala BNN Kota Pangkalpinang, AKBP Ichlas Gunawan mengatakan upaya menjadikan Kelurahan Pasir Putih sebagai kelurahan Bersinar sudah dilakukan sejak saat ini, salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat.

"Besok kami juga akan melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait, dimana nantinya wali kota dan kepala BNNP akan memberikan arahan kepada kami. Selain itu, kami juga mulai merekrut penggiat bekerjasama lurah setempat," katanya.

Untuk penggiat tersebut, kata Dia, pihaknya sudah mendapatkan masukan siapa saja orang yang akan dipilih. Untuk para penggiat ini berasal mulai dari karang taruna, PKK, LPM termasuk tokoh-tokoh masyarakat.  

"Kami juga sudah menggarap sekolahnya menjadi sekolah Bersinar, kemaren kami sudah ke SD dan SMP yang ada disana. Nanti kami juga akan upayakan kegiatan yang terpusat, seperti olahraga bersama dan lainnya," katanya.

Ia berharap target menjadikan Kelurahan Pasir Putih menjadi kelurahan Bersinar terlaksana tahun ini juga, sehingga dukungan masyarakat sangat dibutuhkan agar target itu bisa tercapai.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020